Seni Drama, Teater

Seni teater adalah salah satu jenis kesenian yang diungkapkan melalui dialog/kata-kata ataupun bahasa isyarat atau pantomim. Seni teater biasanya disajikan di gedung-gedung pertunjukan , di panggung-panggung hiburan. ataupun di televisi. Seni teater sering dikatakan sebagai kerja sama antara seni rupa, seni musik, seni tari dan seni sastra. Mengapa demikian?
Alasannya antara lain:

– Dalam kegiatan seni teater, seni rupa banyak dilibatkan dalam tata pentas, tata busana (kostum), tata rias, tata letak (setting).tata cahaya (lighting), pembuatan poster, spanduk, pembuatan undangan dan lain sebagainya. Dalam hal ini peran seni rupa lebih berkaitan dengan hal yang bersifat visual.
– Dalam kegiatan seni teater, seni tari banyak dilibatkan dalam hal tata gerak, karakter, pantomim, dan lain sebagainya. Seni tari lebih menyangkut gerakan tubuh yang berperan untuk mendukung dialog pada cerita yang dipentaskan.
– Hampir semua segi kegiatan seni teater berasal dari karya sastra. misalnya : penulisan konsep-konsep cerita, pengucapan dialog, gaya bahasa, bentuk bahasa, dan lain sebagainya . Seni sastra disini lebih berkaitan dengan sesuatu yang bersifat cerita atau lakon.

Unsur-unsur yang penting seni teater diantaranya (a)suara, kata-kata, (b)karakter (c) improvisasi (d) aksentuasi dan lain sebaginya. Adapun jenis-jenis seni teater adalah: teater klasik, teater tradisional/rakyat (ludruk) teater modern.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *