Seni dalam Berbagai Bentuknya

Dari sejumlah defininisi itu kita perlu menarik benang merah apa yang sebenarnya disebut sebagai seni dan apa yang tidak dapat dikatakan sebgai seni. The Liang Gie menguraikan pengertian seni dengan membuat beberapa patokan untuk menerangkan karya seni dan kegiatan seni.
a. Seni sebagai suatu kemahiran(Skill)
Seperti dijelaskan di atas. seni atau arts berarti kemahiran yang oleh bangsa Yunani di sebut sebagai teshne atau teknik. Oleh karena itu , pengertian seni sebagai kemahiran dapat dibedakan dengan ilmu (science). Misalnya, ilmu adalah pengajaran untuk mengetahui, sedangkan seni adalah pengejaran untuk berbuat, Keduanya saling melengkapi dan memperkaya.

b. Seni sebagai kegiatan manusia(Human Activity)
Leo Tolstoy dalam What is art? menyatakan bahwa seni adalah kegiatan seseorang yang secara sadar dan dengan tanda-tanda lahirlah menyampaikan perasaan atau pengalaman estetis yang dialami atau dihayatinya kepada orang lain.

c. Seni sebgai karya (Work of Art)
Erich Kahler mengungkapkan bahwa seni adalah suatu kegiatan manusia dalam menjelajahi sesuatu dan menciptakan realita baru secara instingtif dan menyajikannya dalam lambang atau kiasan sebgai sebuah kebulatan dunia kecil yang mencerminkan sebuah kebulatan dunia besar. Raymond piper menambahkan bawa seni merupakan kegiatan manusia yang dirancang untuk mengubah bahan-bahan alamiah menjadi benda-benda yang berguna.

d. Seni indah atau seni murni (Fine Art)
Yervant Krikorian dalam A glossary of Art Term mengatakan bahwa seni indah, yang bertalian dengan pembuatan benda-benda untuk kepentingan estetis, semata-mata untuk dinikmati dengan mata batiniah dan perasaan. Seni ini dibedakan dengan seni terapan yang mempunyai kegunaan praktis.

e. Seni penglihatan (Visual Art)
Seni penglihatan sering disebut pula plastic art, Seni ini adalah seni yang hasilnya lebih berhubungan dengan penglihatan/indera mata.

f. Seni pendengaran (Auditory Art)
Seni pendengaran merupakan hasil kegiatan seseorang dalam menghasilkan bunyi atau vokal yang diterima alat pendengaran. Penerimaan oleh pendengaran ini kemudian dilanjutkan ke perasaan. Seni pendengaran meliputi: seni musik, pidato, sandiwara radio, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *