Pengertian Seni

Seni merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan. Seni merupakan ungkapan jiwa manusia, makhluk ciptaan Tuhan yang paling tinggi, akan kesan-kesan yang diterima oleh pana indra, jiwa dan perasaannya. Ungkapan ini dapat tertuang dalam bentuk musik, gambar, suara dan sebagainya. Lalu apa itu seni?

1.2.1 Beberapa definisi seni
1. Seni adalah segala macam keindahan yang diciptakan manusia. Rumusan in mengandung pengertian bahwa seni adala hasil karya mausia yang dapat mendatangkan kenikmatan dan keindahan.Karena itu dapat dikatakan sebagai contoh bahwa seni karawitan Jawa adalah paduan berbagai bunyi alat musik yang indah dan berguna untuk dinikmati telinga.
2. Everyman Encyclopedia menyatakan bahwa seni adalah segala sesuatu yang dilakukan orang bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak kemewahan, kenikmatan atau dorongan kebutuhan spiritual.
3. Ki Hajar Dewan tara menyatakan bahwa seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan yang bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia lain. Dibandingkan dengan dua definisi di atas, Ki Hajar Dewantara memberi unsur baru dalam pengertian atau definisi seni: perpindahan perasaan (rasa indah pada diri pencipta akn menular atau berpindah pada si penikmat hasil karya)
4. Popo Iskandar menyatakan seni adalah alat untuk mengutarakan secara konkret suasana batin manusia.
5. Herbert-Read mendefinisikan seni sebagai usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan.
6. THomas Murero menyatakan seni adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lainnya. Efek tersebut meliputi tanggapan yang berbentuk pengamatan, pengenalan, dan imajinasi.
7. Slobotkan mendefinisikan seni sebagai realisasi ide-ide yang tersembunyi menjadi bentuk yang bisa dihayati. Seni adalah perkataan dan pernyataan dari konsep-konsep manusia yang tidak terlihat dengan perantaraan suatu medium sehingga dapat dilihat dan didengarkan.
8. Prof Dr N Driyarkara SJ menyatakan bahwa dalam kesenian itu manusia mengalami sesuatu yang mempesona dan membahagiakan. Artinya, keterpesonaan kita terhadap sesuatu yang kita lihat atau rasakan akan meninggalkan kesan dan melahirkan pesona yang membahagiakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *