Kebudayaan Menurut Sifatnya

Kebudayaan Menurut Sifatnya

Manusia, Sebagai sumber lahirnya kebudayaan, memiliki dua unsur sifat jasmani dan rohani. sesuai dengan dua sifat manusia tersebut, kebudayaan sebagai hasil cipta akal budi manusia memiliki dua sifat pula. kebudayaan jasmani dan kebudayaan rohani.

A. KEBUDAYAAN JASMANI
kebudayaan jasmani adalah hasil cipta manusia yang dapat digunakan untuk memeuhi kebutuhan hidup manusia yang kasat mata. Contohnya, antara lain :
~ Rumah dengan segala isi dan pertabotnya (meja, kursi, tempat tidur, almari, televisi, radio dan lain sebagainya)
~ Pakaian dengan segala macam bentuk dan jenisnya (baju, celana, sarung, sepatu, sandal dan sebagainya)
~ Makanan dengan segala macam bentuk, jenis dan berbagai macam bahan bakunya
~ Alat transportasi, mulai dari yang tradisional sampai yang paling mewah atau mutakhir.

B. KEBUDAYAAN ROHANI
Kebudayan rohani adalah segala hasil cipta manusia yang perlu untuk kehidupan dan penghidupan manusia sebagai individu maupun sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Hasil ciptaan itu memiliki nama tetepi tidak kelihatan. Contoh kebudayaan rohani antara lain:
~ Bahasa
Bahasa diakai sebagai alat komunikasi dengan manusia lain. Bentuknya bisa lisan maupun isyarat. Bahasa diperlukan dalam segala perilaku kehidupan mausia. Ada berbagai macam bahasa bahasa suku(daerah). bahasa nasional dan bahasa internasional
~ Negara
Negara adalah suatu organisasi bangsa yang mempunyai bentuk tatanan, dan kepengurusan yang kompleks, Suatu organisasi yang terkecilpun mempunyai perangkat atau aparatnya, apalagi negara yang begitu besar. Negara itu abstrak tetapi unsur-unsurnya konkret.
~ Hukum
Hukum adalah peraturan tertulis untuk mengatur kehidupan bermasyarakan dan bernegara, lengkap dengan segala sanksi bagi yang melanggarnya
~ Adat Istiadat
Tiap-tiap suku bangsa mempunyai adat istiadat. Adat istiadat itu diakui , dijalankan dan dijunjung tinggi oleh yang memilikinya, demi keteraturan dalam kehidupan bersama kelompok masyarakat tersebut. Hukum dan adat istiadat itu sesuatu yang abstrak namun kalau dilanggar akan terasa akibatnya.
~ Pendidikan
Pendidikan adalah suatu cara untuk membimbing perkembangan berpikir, berperilaku dan berjiwa yang baik
~ Filsafat dan seluruh cabang ilmu pengetahuan termasuk dalam kebudayaan rohaniah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *